Pulang

Dengan bertiupnya angin sehari-hari penuh pengejekan Dan pekayuan dipukul angin dan tertunjam, cintaku datang Dengan dendangnya mencariku di bawah belahan bintang Dan senyum padaku, memenuhi duniaku Jam demi jam, seperti saja dia belum almarhum.

Dan kutunggu dia di bawah pepohonan bungkuk, menunggu Kumaukan kemeja yang dipakainya; sandal-sandalnya yang hangus Seakan dia berjalan di atas api mendesirkan darahku sebagai Tanda kedatangannya, dan kuraih Kubawa ke rumah sampan dan kukubur di perut lantai.

Kuawasi pepohonan tepi air kukira Bumi seakan telah lama menatapku, dan cintaku Pergi mendanau seakan dia tak pernah kenal Tinggallah aku bimbang apa betul dia tak kenal Terlalu remaja! Aku pergi dan tersedu di rumah sampan.
1957



Siasat, no. 546, thn XI, 27 Nopember 1957.
Catatan Penerjemah:
Patricia Hooper adalah penyair termuda di Amerika Serikat dewasa ini. Dia bersekolah di SMA kota Saginaw, Michigan dan baru berumur 15 tahun. Sajak di atas (judul asli: “Homecoming”) disiarkan di majalah kebudayaan American Scholar Edisi Musim Semi 1957, di antara sajak yang lain. Dalam sebuah antologi yang akan diterbitkan oleh penerbit New Direction, dua sajaknya akan juga dipasang bersama sajak penyair-penyair masa kini.

Karya:
~Taufiq Ismail~
Puisi - Puisi Awal (1953 - 1960)
no image
Item Reviewed: Pulang 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!