Hasrat Untuk Berubah


Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,
aku bermimpi ingin mengubah dunia.
Seiring dengan bertambahnya kearifanku,
Kudapati bahwa
dunia tak kunjung berubah.

Maka cita-cita itupun agak kupersempit,
Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku.
Namun tampaknya,
hasrat itupun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja,
dengan semangatku yang masih tersisa,
kuputuskan untuk mengubah keluargaku.
Orang-orang yang paling dekat denganku.
Tapi celakanya,
merekapun tidak mau di ubah.

Dan kini,
Sementara aku berbaring saat ajal menjelang,
tiba-tiba kusadari;

"Andaikan pertama-tama yang ku ubah adalah
diriku,
Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,
mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka
bisa jadi akupun mampu memmperbaiki negeriku;

kemudian siapa tahu,
aku bahkan bisa mengubah dunia!"



Terukir di sebuah makam
di Westminster Abbey, Inggris 1100 M
Hasrat Untuk Berubah
Item Reviewed: Hasrat Untuk Berubah 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!